Perguruan Tinggi dan Tridharma adalah kesatuan yang tidak terpisahkan. Suatu Perguruan
Tinggi dianggap memiliki kualitas akademik yang baik apabila melakukan penyelenggaraan tri
dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat secara utuh dan berkelanjutan. Hal tersebut sesuai dengan amanah yang tercantum pada
undang-undang nomor 12 tahun 2012 khususnya pada bab 1 pasal 1 butir 9 dimana Tridharma
Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk
menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan
undang- undang tersebut terlihat jelas bahwa kegiatan penelitian dan pengabdian memiliki peranan
yang yang sangat vital dalam mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tridharma sebagai motor gerak laju perkembangan ilmu pengetahuan maka kegiatan
penelitian dan pengabdian tidaklah dapat berdiri sendiri karena dilatarbelakangi oleh banyak hal
yang menjadi permasalahan maupun kebutuhan saat ini. Kesuksesan penyelenggaraan Tridharma
berkaitan langsung dengan keberhasilan perguruan tinggi dalam melakukan pengembangan Sumber
Daya manusia (SDM) yang dimiliki. Pengembangan SDM berupa pembinaan dan pengembangan
kompetensi diri para pendidik dan tenaga kependidikan. Mencapai kualitas tersebut maka ITSKes
Muh Selong secara bersungguh sungguh melakukan upaya pembinaan dan pengembangan SDM
secara berkelanjutan dan terus menerus sesuai dengan visi, misi dan tujuan institusi. Sejak tahun
2012, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melaksanakan kebijakan desentralisasi
pengelolaan program penelitian dimana dilakukan pelimpahan sebagian tugas dan wewenang dalam
pengelolaan program penelitian secara bertahap kepada perguruan tinggi.
Adapun tujuan dari program desentralisasi penelitian ini adalah:
1.Mewujudkan keunggulan penelitian di Perguruan Tinggi
2.Meningkatkan daya saing perguruan tinggi di bidang penelitian
3.Meningkatkan angka partisipasi dosen dalam penelitian
4.Meningkatkan kapalsitas pengelolaan penelitian di Perguruan Tinggi